Misteri Nyi Roro Kidul & 12 Kerajaan Gaib di Gua Matu, Pesisir Barat Lampung

goa matu lampung

Bakulbakulan.com – Lampung, salah satu provinsi di Indonesia, terkenal dengan keindahan alamnya yang memukau. Salah satu destinasi wisata yang menarik perhatian adalah Gua Matu yang terletak di Kabupaten Pesisir Barat, Lampung. Meskipun menjadi tempat wisata yang menarik, Gua Matu juga memiliki sisi mistis yang sangat kuat, yakni keberadaan 12 kerajaan gaib yang dipercayai secara turun temurun oleh warga sekitar. Artikel ini akan membahas lebih dalam tentang Gua Matu, tempat ini berlokasi, mitos-mitos yang melingkupinya, dan segala hal yang membuatnya menjadi tempat yang unik dan menarik.

Gua Matu, terletak di Desa Way Sindi Hanuan, Kecamatan Karya Penggawa, Kabupaten Pesisir Barat, Lampung, adalah salah satu tempat wisata alam yang menawan. Namun, daya tarik Gua Matu tidak hanya terletak pada keindahan alamnya, melainkan juga pada cerita mistis yang melingkupinya. Untuk mencapai Gua Matu, pengunjung dapat menggunakan jalur darat melalui Jalan Lintas Barat Sumatera, yang berjarak sekitar 253 kilometer dari Kota Bandar Lampung dan memakan waktu sekitar 5 jam 30 menit. Alternatif lainnya adalah dari Kota Krui, yang jaraknya hanya sekitar 11 kilometer dan memakan waktu sekitar 20 menit dengan menggunakan kendaraan.

Bacaan Lainnya

Perjalanan menuju Gua Matu sangat mempesona. Begitu pengunjung memasuki gerbang menuju tempat wisata ini, mereka akan disambut oleh suasana hutan yang tenang dan suara-suara satwa khas yang mengisi udara. Tak ada tiket masuk yang harus dibayar, hanya kontribusi sukarela kepada juru kunci yang akan memandu perjalanan di Gua Matu. Selama perjalanan, pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan laut yang indah dari atas bukit yang menghadap langsung ke lautan lepas.

READ  Misteri Sosok Bermahkota Saat Pengajian Gus Miftah di Lampung Terungkap, Mirip Nyi Roro Kidul

Namun, perjalanan menuju gua tidak semudah yang dibayangkan. Pengunjung harus menuruni anak tangga sebanyak 299 anak tangga. Waktu membangun anak tangga ini tidaklah mudah karena medannya yang curam dan seringkali terjadi hal-hal ganjil seperti mesin eskavator yang mati mendadak tanpa alasan yang jelas. Suasana semakin hening saat menuruni anak tangga dengan hutan yang lebat di kedua sisi jalan, menciptakan kesan mistis yang sangat kuat.

Gua Matu memiliki sejarah dan mitos yang kaya. Makmur, juru kunci Gua Matu, menjelaskan bahwa tempat ini adalah tempat sakral yang dianggap sebagai lokasi pertemuan 12 kerajaan laut. Bahkan, menurut kepercayaan setempat, Kanjeng Nyi Roro Kidul sering mengunjungi gua ini untuk melakukan pertemuan dengan kerajaan laut lainnya. Kepercayaan ini dikaitkan dengan keyakinan bahwa kedatangan Kanjeng Nyi Roro Kidul akan membuat laut di sekitar gua menjadi lebih tenang, karena keretanya bersandar di sana.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *